Senin, 23 April 2012

(tugas 07) Notasi Sejarah

Nama : Bambang Setiyadi
NPM  : 38111303
Kelas  :1db16

2. sejarah organisasi?

1.organisasi adalah suatu konsefsi, pandangan, tinjauan, ajaran, pendapat atau pendekatan tentang pemecahan masalah organisasi agar lebih berhasil dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan.
wadah adalah : sekelompok manusia untuk saling bekerja sama.sedangkan ,
proses adalah : pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yg efisien .
jadi organisasi diibaratkan sebagai organ dimana butuh koordinasi untuk menjalani keseluruhan fungsional organ agar dapat beroperasi dgn baik. Organisasi sebagai wadah ialah organisasi sbg tempat manusia mengembangkan potensi yg dimiliki yang tidak didapatkan hanya dr bangku kuliah saja.
Organisasi sebagai proses karena di dalam organisasi itu ada sebuah sistem kaderisasi yakni sistem pewarisan nilai kepada para kader. Nilai-nilai apa yang mau kita berikan kpd adik angkatan kita seperti militansi, integritas, dll. Kaderisasi yang baik ialah dimana kader lebih baik daripada pengkadernya.

2. Untuk sejarah sendiri belum di ketahui secara pasti kapan terbentuknya organisasi, suatu organisasi biasanya dianggap baru dimulai sebagai disiplin akademik bersamaan dengan munculnya manajemen ilmiah pada tahun 1890-an, dengan Taylorisme yang mewakili puncak dari gerakan ini. Para tokoh manajemen ilmiah berpendapat bahwa rasionalisasi terhadap organisasi dengan rangkaian instruksi dan studi tentang gerak-waktu akan menyebabkan peningkatan produktivitas .Sejarah Organisasi sangat erat hubungannya dengan teori organisasi. Teori Organisasi meliputi teori organisasi klasik, teori organisasi neoklasik, dan teori organisasi modern.
A Teori Organisasi Klasik
Teori klasik (classical theory) kadang-kadang disebut juga teori tradisional yang berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun 1800( abad 18).
Dalam teori ini, organisasi secar umum digambarkan oleh para teoritisi klasik sebagai organisasi yang sangat tersentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku dan tidak mengandung kreatifitas .
B. Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.

C. Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak sd, kemping ke gunung pangrango rame-rame dengan teman, dan lain-lain.

sumber: Rizki amelia qhiqhiediary.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar